16 Jan 2024

Social Media Handle: Cara Membuat, dan Tips Memilihnya

Artikel,

Artikel,

Saat ini, sosial media telah menjadi bagian dari kehidupan manusia, baik untuk keperluan pribadi maupun bisnis. Untuk bisnis, sosial media menjadi sarana untuk membangun brand awareness, mempromosikan produk atau layanan, hingga berinteraksi dengan pelanggan. 

Namun, untuk melakukan hal itu semua, perlu seseorang untuk mengelola akun media sosial tersebut. Profesi tersebut dinamakan social media handle.

Social media handle dapat membantu kamu untuk bisnis kamu untuk lebih mudah ditemukan oleh pelanggan dan membantu bisnis kamu terlihat lebih profesional dan kredibel. Yuk, simak lebih lanjut artikel ini!

Apa itu Social Media Handle

Social media handle adalah sebuah nama pengguna atau username seseorang di dalam platform media sosial seperti Instagram, Facebook, atau Twitter. Handle ini digunakan sebagai identitas pengguna untuk membagi konten.

Salah satu contoh social media handle untuk platform Twitter atau Instagram menggunakan social media handle berupa username mengikuti simbol “@”

Contohnya seperti yang Sampoerna University gunakan, yaitu @sampoerna.university untuk akun Instagram.

Social media handle digunakan sebagai cara agar orang lain dapat mencari, mengenal, dan berinteraksi dengan pengguna akun di berbagai platform sosial media. Social media handle dapat mempresentasikan kehadiran bisnis kamu di media sosial dan memberikan impresi yang bagus terhadap brand kamu. 

Social Media Handle: Cara Membuat, dan Tips Memilihnya

Cara Membuat Social Media Handle

Lalu, bagaimana kira-kira cara membuat social media handle yang efektif dan mudah diingat? Berikut adalah beberapa tips untuk membuat social media handle yang menarik

1. Gunakan bahasa yang mudah diingat

Tips pertama untuk membuat social media handle yang efektif adalah dengan menggunakan bahasa yang mudah diingat. Pilihlah kata-kata yang familiar dan mudah digunakan sehingga audiens lebih mudah mengingat nama perusahaan kamu. 

2. Pastikan social media handle yang dapat diucapkan dengan mudah

Tips berikutnya yang perlu diingat adalah memastikan social media handle dapat diucapkan dengan mudah. Social media handle yang mudah diucapkan dapat membuat audiens lebih mudah mengingat nama perusahaan kamu dan juga tidak susah mencari akun kamu. 

3. Buang sesingkat mungkin

Ideal untuk membuat social media handle yang efektif adalah dengan menggunakan minimal 15 karakter atau kurang. Ini dapat memudahkan pengetikan, pencarian, dan pengingat bagi audiens.

Apabila kamu memiliki nama brand yang panjang, coba cari singkatan atau akronim yang mudah dipahami oleh audiens kamu. 

4. Selaraskan nama di handle dengan brand

Social media handle harus dapat mempresentasikan brand kamu dengan tepat, baik secara personality, value, maupun produk/jasa yang ditawarkan. Oleh karena itu, perlu dibentuk hubungan antara social media handle dengan nama perusahaan. 

Salah satu tips yang bermanfaat adalah kamu dapat menggunakan nama akun sosial media perusahaan sama dengan social media handle sehingga para audiens di media sosial dapat mengenal nama perusahaan kamu lebih mudah. 

5. Cek ketersediaan

Sebelum membuat akun sosial media kamu, pastikan bahwa social media handle kamu tersedia lebih dahulu dan belum digunakan oleh orang lain. Periksa juga ketersediaan nama domain terkait, terutama jika kamu ingin mengembangkan brand kamu ke website nantinya. 

Digital Marketing Sampoerna University

Digital Marketing adalah salah satu bidang paling menarik dan menjanjikan dalam dunia bisnis saat ini. Dengan semakin banyak orang yang menggunakan internet untuk mencari informasi tentang produk dan jasa, bisnis perlu memiliki strategi pemasaran digital yang efektif untuk menjangkau target pasar mereka.

Sampoerna University menawarkan program studi Digital Marketing yang dirancang untuk mempersiapkan mahasiswa untuk sukses di bidang ini. Program ini memberikan pemahaman mendalam tentang prinsip-prinsip pemasaran digital, serta keterampilan praktis yang dibutuhkan untuk menerapkannya.

Fokus Sampoerna University adalah membuka kekuatan baru dalam dunia Digital Marketing untuk menguasai dasar-dasar pemasaran, analisis, pengambilan keputusan, dan komunikasi sambil mendapatkan keunggulan yang berbeda. 

Dalam beberapa tahun sejak didirikan, Sampoerna University telah menjadi pilihan pendidikan tinggi yang menarik bagi calon mahasiswa di Indonesia. Dengan pendekatan pembelajaran yang inovatif, koneksi industri yang kuat, dan fokus pada pengembangan karir, kami memiliki tujuan untuk menghasilkan lulusan yang siap menghadapi tantangan dunia kerja.

Segera daftar untuk ikut proses penerimaan mahasiswa baru tahun ajaran 2023-2024 disini. Admission Team kami akan segera menghubungi untuk memberi informasi lebih detail.

Jadwalkan dengan kami kapanpun kamu ingin visit tour kampus on-site atau virtual!

Recent More

Mengenal SAP Consultant Dan Cara Menjadi SAP Consultant

Jun, 20 2024

Apa Itu SAP Consultant?  Konsultan SAP adalah seorang profesional yang ahli dalam sistem perangkat...

Apa Itu Game Development? Scope Kerja Dan Jenjang Karirnya

Jun, 20 2024

Dunia game telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan modern. Bagi banyak orang, game...

Jun, 15 2024

Di era yang penuh dengan persaingan dan dinamika, bisnis model menjadi pedoman penting bagi...

Admission
Admission
Schedule a Visit
Schedule a Visit
Contact Whatsapp
Contact Whatsapp