Artikel,
Artikel - FOB,
Strategi perusahaan adalah rencana jangka panjang yang dibuat oleh suatu organisasi atau perusahaan untuk mencapai tujuan tertentu dalam lingkungan bisnisnya. Strategi perusahaan merinci langkah-langkah yang harus diambil oleh perusahaan untuk mengelola risiko, mempertahankan keunggulan kompetitif, dan terus berkembang.
Dalam bisnis, strategi mencakup pemilihan pasar target, alokasi sumber daya, pengembangan produk, dan keputusan lainnya yang mengarah pada pencapaian visi dan misi perusahaan. Strategi perusahaan juga mencakup identifikasi dan analisis pesaing, serta perubahan dalam tren pasar dan lingkungan eksternal yang mungkin mempengaruhi operasi perusahaan. Dalam dunia bisnis yang kompetitif, perusahaan dapat mencapai keberhasilan dan keberlanjutan dalam jangka panjang dengan membuat dan menerapkan strategi yang tepat.
Strategi perusahaan bertujuan mencakup pencapaian visi dan misi perusahaan serta memberikan arahan bagi seluruh aktivitas perusahaan. Perusahaan dapat mengalokasikan sumber daya dan upayanya untuk mencapai tujuan strategis tersebut dengan merumuskan tujuan strategis yang jelas dan terukur.
Seringkali, tujuan strategis mencakup hal-hal seperti pertumbuhan pendapatan, pangsa pasar, ekspansi geografis, pengembangan produk, peningkatan efisiensi operasional, atau perluasan basis pelanggan. Selain itu, tujuan strategis juga bisa mencakup pencapaian nilai jangka panjang bagi pemegang saham serta komitmen terhadap tanggung jawab sosial dan lingkungan.
Mengidentifikasi dan mengejar tujuan akan memungkinkan perusahaan untuk membuat jalan yang jelas dan terkonsentrasi untuk memperoleh keunggulan kompetitif dan mencapai kesuksesan dalam jangka panjang.
Bergantung pada tujuan, pasar, dan lingkungan bisnis masing-masing, ada banyak contoh strategi bisnis yang dapat diterapkan. Beberapa contohnya meliputi:
Upaya untuk meningkatkan penjualan barang atau layanan yang sudah ada di pasar dikenal sebagai penetrasi pasar. Untuk mempertahankan dan menarik pelanggan, hal-hal yang bisa dilakukan mencakup kampanye pemasaran yang agresif, pengenalan varian produk baru, atau program loyalitas pelanggan.
Perusahaan yang berfokus pada inovasi teknologi berusaha untuk memimpin dalam pengembangan teknologi baru. Google, dengan penelitian dan pengembangan di berbagai bidang teknologi, dan Tesla, dengan mobil listrik dan teknologi otonom, adalah contoh perusahaan yang sangat inovatif.
Usaha bisnis untuk memasuki pasar baru adalah bagian dari strategi pertumbuhan pasar. Ini bisa berarti membuka cabang baru di tempat lain, bergerak ke seluruh dunia, atau mengambil perusahaan pesaing. Sebagai contoh, McDonald’s telah berkembang dengan sukses di seluruh dunia dengan membuka restoran di berbagai negara.
Untuk mencapai tujuan bersama, beberapa perusahaan memilih untuk bergabung atau bekerja sama dengan perusahaan lain. Sebagai contoh, kerja sama antara Toyota dan Subaru dalam pengembangan teknologi mobil adalah upaya kolaboratif yang bertujuan untuk meningkatkan inovasi di sektor otomotif.
Beberapa bisnis memilih untuk membuat produk atau layanan mereka unik dari yang ditawarkan pesaing. Menghadirkan produk dengan fitur unik, kualitas yang lebih tinggi, atau desain yang menarik dapat mencapai hal ini. Sebagai contoh, merek mobil mewah seperti BMW dan Mercedes-Benz menegaskan bahwa produk mereka menonjol melalui teknologi canggih dan desain yang indah.
Pemahaman yang mendalam tentang kebutuhan pelanggan dan upaya untuk memberikan pengalaman pelanggan yang unggul dalam setiap interaksi pelanggan adalah fokus utama bagi beberapa bisnis, dan Amazon adalah salah satu contoh sukses dari strategi ini.
Diversifikasi adalah strategi untuk mengurangi risiko bisnis dengan memperluas portofolio produk atau layanan ke berbagai industri atau sektor. Sebuah perusahaan yang awalnya bergerak di bidang IT mungkin memutuskan untuk berdiversifikasi ke sektor energi terbarukan.
Perusahaan dapat menggunakan strategi turnaround untuk mengembalikan kinerja bisnis mereka saat terjadi krisis atau penurunan kinerja. Strategi-strategi ini mungkin termasuk mengurangi biaya, merestrukturisasi organisasi, atau menjual aset yang tidak menguntungkan.
Strategi bisnis dapat sangat berbeda tergantung pada industri, tujuan, dan keadaan pasar. Selain itu, perusahaan seringkali perlu mengubah dan menggabungkan strategi mereka untuk mencapai keberhasilan dan pertumbuhan yang berkelanjutan dalam lingkungan bisnis yang dinamis.
Sampoerna University adalah sebuah universitas terakreditasi penuh di Indonesia yang menawarkan pilihan terbaik bagi mereka yang mencari pendidikan internasional unggul. Sampoerna University adalah universitas swasta, non-denominasi, nirlaba yang berlisensi dan terakreditasi oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.
Fakultas Bisnis menawarkan kurikulum yang dirancang dengan baik yang menggabungkan teori dan praktik bisnis terbaru. Program studi di fakultas ini bertujuan untuk menyiapkan siswa dengan pengetahuan dan keterampilan yang relevan dengan dunia bisnis.
Sampoerna University memiliki hubungan yang kuat dengan dunia bisnis dan industri. Fakultas Bisnis bekerja sama dengan perusahaan terkemuka untuk memberi mahasiswa kesempatan untuk magang, studi kasus, dan proyek kolaboratif. Selain itu, Fakultas Bisnis juga menggunakan pendekatan pembelajaran yang berpusat pada proyek.
Kami menawarkan lingkungan belajar yang beragam dan inklusif. Mahasiswa yang berasal dari berbagai budaya dan latar belakang memiliki kemampuan untuk berkolaborasi, berinteraksi, dan belajar satu sama lain, yang menciptakan suasana yang dinamis dan mempersiapkan mereka untuk bekerja dalam tim yang terdiri dari orang-orang dari berbagai budaya dan latar belakang di masa depan.
Segera daftar untuk ikut proses penerimaan mahasiswa baru tahun ajaran 2023-2024 disini. Admission Team kami akan segera menghubungi untuk memberi informasi lebih detail. Jadwalkan dengan kami kapanpun kamu ingin visit tour kampus on-site atau virtual!