Manfaatkan data keuangan di sekitar Anda untuk membuat keputusan bisnis yang lebih baik

Accounting Program - Sampoerna University

Fakultas Bisnis

Akuntansi

Profesional dalam bidang akuntansi di masa depan harus mahir menggunakan teknologi, antara lain, untuk memecahkan masalah, merencanakan strategi, mengevaluasi risiko, dan memprediksi tren. Program Sarjana Akuntansi Sampoerna University dirancang untuk membekali mahasiswa dengan penalaran analitis, dan keterampilan data, serta terinspirasi oleh penelitian akuntansi profesional dan ilmiah yang memberikan mahasiswa wawasan mengenai isu-isu yang mendasari angka-angka akuntansi, sehingga memupuk kemampuan mereka untuk membuat keputusan bisnis yang tepat dan strategis. Sepanjang pendidikannya, peserta didik dihadapkan paham akan berbagai kasus etika dan sosial yang dimaksudkan untuk menumbuhkan sikap yang menjunjung tinggi nilai etika dan tanggung jawab sosial di tempat kerja.

Di Program Studi Akuntansi Sampoerna University, kami menawarkan pendidikan akuntansi berkualitas tinggi kepada mahasiswa, sebagaimana diuraikan di bawah Jalur Studi Akuntansi. Jika mahasiswa memenuhi IPK minimal 3,3 pada akhir semester kelima, mahasiswa akan diberikan kesempatan untuk memperoleh salah satu kualifikasi profesional berikut:

A. Diploma Lanjutan CIMA dalam Akuntansi Manajemen

Mahasiswa harus menyelesaikan enam modul CGMA Finance Leadership Program (FLP) dan lulus dua ujian untuk mendapatkan gelar. CGMA (Chartered Global Management Accountant) adalah lembaga akuntansi manajemen yang paling banyak dipegang di dunia dengan lebih dari 137.000 orang yang ditunjuk. Didirikan pada tahun 2012 oleh AICPA dan CIMA untuk memberikan penghargaan kepada akuntan manajemen bertalenta yang telah mencapai tolok ukur kualitas dan kompetensi tertinggi. Di akhir program, mahasiswa diperbolehkan untuk menambahkan sebutan CIMA Adv. Dip. MA. didalam nama mereka.

B. Diploma Pelaporan Keuangan

Mahasiswa harus menyelesaikan kurikulum Diploma Pelaporan Keuangan dan lulus ujian ACCA untuk mendapatkan gelar. ACCA (Asosiasi Akuntan Bersertifikat Chartered), yang didirikan pada tahun 1904 di Inggris, adalah salah satu organisasi global terkemuka untuk akuntan profesional.

Standar Pelaporan Keuangan Internasional (IFRS) bersifat wajib di lebih dari seratus negara di seluruh dunia. Uni Eropa (UE) mewajibkan semua perusahaan publik untuk menyiapkan laporan keuangan konsolidasi sesuai dengan IFRS. Yang juga terkena dampaknya adalah anak perusahaan dan afiliasi perusahaan-perusahaan yang terdaftar di Uni Eropa. Negara-negara lain, seperti Australia, Hong Kong, Afrika Selatan, dan Indonesia menyelaraskan standar akuntansi mereka dengan IFRS.

Setelah program selesai, mahasiswa diperbolehkan menambahkan sebutan Dip. IFR dalam nama mereka.

Kompetensi yang perlu dicapai:

Kompetensi Utama

 

  1. Mampu mengintegrasikan pengetahuan akuntansi teoritis dan teknis untuk memberikan solusi potensial terhadap masalah akuntansi dan bisnis lainnya.
  2. Mampu menerapkan teknologi digital dan sistem informasi yang ada dan yang sedang berkembang untuk mendukung pengambilan keputusan.
  3. Mampu mengevaluasi dan mengelola risiko yang mungkin menghalangi organisasi untuk berhasil menerapkan strategi.

 

Kompetensi Pendukung

 

  1. Kemampuan mengambil keputusan dengan berpikir inovatif dan mempertimbangkan perspektif sosial, etika, peraturan ekonomi, keberlanjutan, tata kelola, dan/atau global.
  2. Mampu berkomunikasi secara efektif dan menjalin kerjasama tim dengan orang-orang dari berbagai latar belakang.
  3. Mampu beradaptasi dengan situasi yang berubah dengan cepat dan bersaing dalam lingkungan global.

Jenjang Karir

Dengan pengalaman, lulusan dapat menjadi:

  • Akuntan Bisnis
  • Auditor
  • Business Analyst
  • Konsultan

Visi & Misi

Visi

Menjadi Program Studi Akuntansi yang diakui secara internasional pada tahun 2030 yang mengembangkan profesional dan pemimpin di bidang Akuntansi masa depan yang menjunjung tinggi nilai-nilai etika, tanggung jawab sosial, dan kewirausahaan.

Misi

Menyediakan pendidikan akuntansi yang unggul dan inovatif yang mendukung mahasiswa dalam kegiatan pembelajaran berdasarkan pengalaman untuk mendorong keterampilan pemecahan masalah dan pengambilan keputusan beretika, mengembangkan kegiatan penelitian yang akan memberikan kontribusi untuk akademis dan praktek, menjalin kemitraan dengan perusahaan dan organisasi akuntansi nasional dan internasional dan mempromosikan nilai-nilai tanggung jawab social.

Objektif:

 

  • Menghasilkan lulusan akuntansi yang memiliki pengetahuan dan keterampilan yang baik di bidang akuntansi, sistem dan teknologi informasi, serta manajemen risiko untuk mendukung pengambilan keputusan di bidang akuntansi dan bisnis.
  • Menghasilkan lulusan akuntansi yang memiliki kemampuan komunikasi dan kerjasama tim yang baik, mampu mengambil keputusan dengan berpikir inovatif dan mempertimbangkan perspektif sosial, etika, peraturan ekonomi, keberlanjutan, tata kelola, dan/atau global.
  • Menghasilkan penelitian terapan dan karya ilmiah yang dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, kebutuhan dunia usaha, dan dunia akademis di tingkat nasional, regional, dan internasional.
  • Menjalin kemitraan dengan organisasi dan perusahaan akuntansi nasional dan internasional yang akan berkontribusi terhadap peningkatan kualitas pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

PEO & PLO

Program Educational Objectives

Program Learning Outcomes

 Sikap  (S):

 

  1. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika;
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila;
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa (Kesadaran Diri Global);
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain (Kesadaran Diri Global);
  6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara 
  8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (Penalaran Etis);
  9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
  10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan

Keterampilan umum (KU)

 

 

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni;
  4. Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.
  5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data (Berpikir Kritis).
  6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya (Komunikasi Efektif).
  7. Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervise serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya;
  8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di
  9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
  10. Mendemonstrasikan penalaran kuantitatif dan mengembangkan fasilitas grafis. Mampu menerapkan pendekatan deduktif dan/atau induktif untuk menganalis dan menunjukkan keterampilan pemecahan masalah yang metodis; (Penalaran Matematika dan Ilmiah).
  11. Mampu menulis dengan jelas dan runtut; berbicara dan mendengarkan secara interaktif; dan menerapkan teknik komunikasi non-verbal; (Komunikasi yang efektif).
  12. Mampu mencari informasi, membaca dan mengevaluasi dengan pemahaman kritis informasi mampu menggunakannya secara efektif untuk mendukung argumen atau memecahkan masalah. (Melek Informasi)

Keterampilan Khusus (KK) 

 

  1. Mampu secara mandiri menyusun kertas kerja audit melalui pengumpulan dan pengikhtisaran bukti audit atas laporan keuangan entitas komersial sesuai dengan standar audit dan ketentuan perundangundangan yang berlaku dalam audit atas laporan keuangan;
  2. Mampu dibawah supervisi mengevaluasi bukti audit atas laporan keuangan entitas komersial sesuai dengan standar audit dan ketentuan perundang-undangan yang berlaku dalam audit atas laporan keuangan
  3. Mampu secara mandiri menyusun, menganalisis, dan menginterpretasi laporan keuangan entitas tersendiri dengan mengaplikasikan prinsip akuntansi atas transaksi sesuai dengan standar akuntansi.
  4. Mampu secara mandiri menyusun laporan hasil analisis atas informasi keuangan dan non keuangan serta pengungkapan terkait yang relevan dan andal untuk pengambilan keputusan manajerial dengan menerapkan teknik dan metode analisis akuntansi dan keuangan.
  5. Mampu dibawah supervisi menyusun, menganalisis, dan menginterpretasi laporan keuangan entitas konsolidasian dengan mengaplikasikan prinsip akuntansi atas transaksi sesuai SAK, IFRS atau standar akuntansi yang relevan.
  6. Mampu secara mandiri menyusun dan menganalisis laporan akuntansi manajemen, meliputi perencanaan dan penganggaran, manajemen biaya, pengendalian kualitas, pengukuran kinerja, dan benchmarking, yang relevan.dan andal dalam mendukung pengambilan keputusan dan pengendalian manajemen dengan menerapkan teknik-teknik akuntansi manajemen;
  7. Mampu dibawah supervisi menyusun laporan investasi dan pendanaan, yang meliputi laporan kebutuhan kas dan modal kerja, proforma laporan keuangan, laporan penganggaran modal, yang relevan untuk pengambilan keputusan keuangan dan investasi dengan mengaplikasikan teknik manajemen keuangan dan investasi.
  8. Mampu secara mandiri mendesain proses bisnis satu entitas dalam suatu sistem informasi akuntansi yang mendukung penyediaan infomasi berbasis teknologi informasi untuk mendukung pengendalian manajemen dan pengambilan keputusan organisasi dengan menggunakan pendekatan siklus pengembangan sistem (system development life cycle/SDLC)
  9. Mampu secara mandiri menyusun laporan kewajiban perpajakan baik untuk wajib pajak individu maupun badan dengan cara menghitung dan melakukan rekonsiliasi perpajakan sesuai perundang-undangan perpajakan yang berlaku di Indonesia
  10. Mampu mengoperasikan dan menggunakan perangkat lunak untuk membuat laporan keuangan, anggaran, administrasi pajak, audit, dan penelitian.

Pengetahuan (P) 

 

  1. Menguasai konsep umum dan prinsip-prinsip perencanaan, prosedur dan pelaporan audit. 
  2. Menguasai konsep teoritis akuntansi secara mendalam minimal meliputi:
    a) kerangka dasar penyajian dan penyusunan laporan keuangan
    b) kebijakan dan prinsip-prinsip akuntansi;
    c) siklus akuntansi
    d) pengakuan, pengukuran, penyajian, dan pengungkapan elemen-elemen laporan keuangan;
    e) analisis laporan keuangan
  3. Menguasai konsep teoritis secara mendalam tentang:
    a) penghitungan dan pengendalian biaya produk dan jasa;
    b) perencanaan dan penganggaran;
    c) manajemen berbasis aktivitas;
    d) pengukuran dan pengendalian kinerja;
  4.  Menguasai konsep teoritis secara umum manajemen kualitas
  5. Menguasai konsep, prinsip, dan teknik manajemen keuangan yang meliputi:
    a) keputusan keuangan;
    b) nilai waktu uang;
    c) penganggaran modal;
    d) struktur modal, biaya modal, dan pembiayaan;
    e) kebutuhan modal kerja;
    f) analisis arus kas;
  6. Menguasai prinsip-prinsip investasi pada aset keuangan.
  7. Menguasai teknik, prinsip dan pengetahuan prosedural tentang penggunaan teknologi informasi.
  8. Menguasai konsep dan peraturan hukum bisnis.
  9. Menguasai konsep dan peraturan perpajakan.
  10. Menguasai konsep dan prinsip ilmu ekonomi.
  11. Menguasai konsep teoritis secara mendalam tentang kebutuhan informasi untuk pengambilan keputusan
  12. Menguasai konsep dan prinsip tentang:
    a) organisasi,
    b) tata kelola,
    c) manajemen risiko,
    d) manajemen strategis,
    e) pengendalian internal dan
    f) lingkungan bisnis
  13. Memahami etika bisnis dan kode etik profesi akuntansi

 

Profil Lulusan

Profil LulusanKeterangan
Akuntan BisnisAkuntan bisnis memastikan bahwa catatan keuangan perusahaan mematuhi standar akuntansi, peraturan perpajakan, dan kebijakan terkait lainnya untuk menyiapkan rekomendasi bagi pengambilan keputusan bisnis.
AuditorAuditor terdiri dari auditor eksternal dan internal. Auditor eksternal memeriksa dan melaporkan catatan keuangan organisasi sesuai dengan standar audit yang berlaku umum. Auditor internal, sementara itu, bertanggung jawab untuk memberikan penilaian independen dan obyektif terhadap aktivitas bisnis keuangan dan operasional suatu perusahaan.
Analis BisnisAnalis Bisnis (BA) bertanggung jawab untuk membantu organisasi dalam meningkatkan proses bisnis dan tata kelola mereka dengan memberikan rekomendasi berbasis data untuk disampaikan kepada para eksekutif dan pemangku kepentingan.
KonsultantSeorang profesional yang menyediakan layanan konsultasi terkait keuangan, akuntansi, perpajakan, dan sistem informasi untuk bisnis dan individu.