Artikel,
Artikel - FOB,
Berita & Kegiatan,
Ekonomi kreatif adalah salah satu sektor yang saat ini terus diperhitungkan dan dipertimbangkan di dalam suatu negara. Hal itu bisa terjadi karena perkembangan zaman yang menuntut segalanya beradaptasi. Bahkan ekonomi kreatif diprediksi menjadi salah satu sumber utama perekonomian negara di masa depan. Artikel ini akan menjelaskan secara detail mengenai ekonomi kreatif beserta dengan contoh-contohnya.
Ekonomi kreatif adalah proses ekonomi yang meliputi aktivitas produksi dan distribusi barang-barang yang sifatnya membutuhkan ide atau gagasan kreatif dalam pembuatannya. Kreatif dalam hal ini berarti mengandung tiga elemen penting, yaitu inovasi, penemuan, dan kreativitas.
Jadi, pada dasarnya ekonomi kreatif adalah sebuah industri yang didasarkan pada kreativitas.
Istilah ekonomi kreatif ini bisa dibilang menjadi sektor yang belum lama dicetuskan. Setidaknya sektor ekonomi ini baru muncul pada abad ke-21, beriringan dengan berkembangnya teknologi yang mendukung.
Meski baru muncul pada abad 21, ekonomi kreatif sebenarnya sudah diprediksi oleh Alvin Toffler pada 1980-an. Menurutnya, ekonomi kreatif adalah gelombang keempat peradaban ekonomi. Teknologi turut berperan di dalam perkembangan ekonomi kreatif karena hal tersebut kian memudahkan hasil-hasil produksi yang bersifat kreatif untuk dimonetisasi.
Lantas, bagaimana hubungan antara ekonomi kreatif dan industri kreatif? jadi ekonomi kreatif adalah aktivitas perekonomiannya, sedangkan industri kreatif adalah roda penggeraknya.
Seiring dengan berjalannya waktu sektor-sektor di industri kreatif kian bermunculan dan mulai diperhitungkan keberadaannya. Industri kreatif kian diperhitungkan karena dapat membuka lapangan kerja yang lebih luas lagi.
Berbagai pertanyaan pun muncul terkait keberadaan ekonomi kreatif. Misalnya adalah bagaimana upaya yang dilakukan untuk mengembangkan ekonomi kreatif? Di sini, peran pemerintah sangat dibutuhkan agar ekonomi kreatif dapat berkembang. Karena sifat dari ekonomi kreatif ini dapat berupa kemandirian.
Artinya adalah ekonomi kreatif dapat dibuat meskipun perseorangan sehingga butuh dukungan dari pemerintah atau pihak terkait agar suatu usaha kreatif dapat terlihat wujudnya di masyarakat.
Adalah industri yang bergerak di bidang kreasi dan karya kepemilikan intelektual yang mencakup film, permainan, desain, kesenian, sampai periklanan.
Adalah bidang yang meliputi arsitektur, kesenian, desain, fashion, periklanan, musik, seni pertunjukan, penerbitan, televisi, sampai permainan video.
Adalah salah satu upaya untuk membangun perekonomian negara secara berkelanjutan melalui berbagai sektor kreativitas yang memiliki iklim berdaya saing dan sumber daya yang dapat terbarukan.
Adalah suatu konsep ekonomi berkembang yang berkaitan dengan aset kreatif yang dapat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan ekonomi.
Ekonomi kreatif memiliki beberapa ciri-ciri yang membuat sektor tersebut dapat diidentifikasi sebagai bidang kreatif. Ciri-ciri itu antara lain:
Kreasi intelektual ini maksudnya adalah sesuatu yang dihasilkan dari ide atau gagasan yang sifatnya unik dan cenderung tidak dimiliki oleh orang lainnya. Kreasi intelektual ini sendiri dapat didaftarkan ke lembaga Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) supaya tidak diplagiasi oleh orang lain. Jadi salah satu ciri utama dari ekonomi kreatif adalah mengandung kreasi intelektual.
Dapat berkembang dalam hal ini maksudnya adalah suatu kreasi atau inovasi diharapkan dapat dikembangkan menyesuaikan dengan kondisi. Dikembangkan dalam hal ini dapat dibuat semakin baik atau bisa juga diganti.
Ide atau gagasan adalah salah satu poin utama di dalam ekonomi kreatif. Ide ini bisa bersifat inovasi atau penemuan yang dapat menggerakkan perekonomian.
Kolaborasi dalam ekonomi kreatif ini maksudnya dibutuhkan kolaborasi antara insan kreatif dengan pemangku aturan supaya ide kreatif dapat menggerakkan ekonomi suatu negara tidak hanya untuk pribadi saja.
Maksudnya adalah distribusi menyesuaikan dengan kebijakan dari perusahaan kreatif sendiri bergantung kepada keinginan dari konsumen.
Karena berbasiskan ide, maka industri kreatif ini cenderung tidak memiliki batasan tertentu selama tidak menyalahi peraturan yang ada. Artinya setiap orang dapat menciptakan karya kreatif yang dapat diperjualbelikan tanpa pandang bulu.
Industri kreatif mulai diperhitungkan karena memang memiliki manfaat yang cenderung sama bahkan melebihi sektor-sektor lainnya di dalam perekonomian suatu negara. Berikut adalah manfaat dari ekonomi kreatif:
Seiring berjalannya industri kreatif, lapangan kerja pun juga terus terbuka.
Di saat industri-industri lainnya lapangan kerjanya sudah penuh, industri kreatif menjadi opsi baru terbukanya lapangan kerja. Apalagi, siapapun dapat menciptakan bisnis-bisnis kreatifnya sendiri yang bisa memberikan peluang pekerjaan baru.
Semakin banyak bisnis kreatif yang dibuka, maka akan semakin banyak pula tenaga kerja yang dibutuhkan.
Hal ini masih berkaitan dengan terbukanya lapangan kerja. Jadi, dengan terbukanya lapangan kerja, otomatis angka pengangguran juga akan ditekan.
Seiring dengan banyaknya bisnis kreatif yang muncul, persaingan bisnis pun akan semakin sehat pula. Maksudnya adalah persaingan yang dilakukan bukan untuk saling menjatuhkan, tetapi persaingan akan lebih berjalan ke arah saling adu inovasi, yang berarti inovasi-inovasi juga akan terus bermunculan.
Seiring dengan perkembangan pesat teknologi, membuat masyarakat juga akan terpicu kreativitasnya karena industri kreatif juga makin menjanjikan.
Misalnya ketika melihat sosial media yang sudah bisa dimonetisasi, masyarakat juga bisa terpicu untuk melakukan hal kreatif agar sosial medianya juga dapat menghasilkan uang.
Industri kreatif tidak hanya mendorong inovasi di sektornya sendiri, tetapi juga di sektor lain yang cenderung bukan industri kreatif.
Misalnya ketika industri kreatif sudah memanfaatkan teknologi berupa aplikasi, perusahaan perbankan bahkan pemerintahan juga terpicu untuk melakukan hal yang sama untuk memaksimalkan pelayanannya.
Baca juga: Pengertian Ekonomi Mikro dan Perbedaannya dengan Makro
Sesuai dengan sifatnya yang tidak terbatas, sebenarnya ekonomi kreatif ini terus bermunculan bidangnya, tetapi terkadang memang masih belum teridentifikasi. Sejauh ini, di laman Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sudah ada 17 subsektor industri yang masuk ke dalam ekonomi kreatif, di antaranya adalah:
Periklanan bisa dibilang menjadi salah satu industri kreatif yang sudah ada sejak lama. Periklanan ini adalah industri yang bergerak di bidang layanan iklan untuk siapapun yang membutuhkannya.
Seiring dengan berkembangnya zaman, tanggung jawab layanan periklanan ini terus berkembang. Tak hanya sebatas membuat ide dan memproduksi iklan, tetapi sampai ke pendistribusiannya. Selain itu, munculnya banyak media pada zaman sekarang ini juga menjadi tantangan tersendiri bagi dunia periklanan.
Industri game di dunia juga terus berkembang, bahkan sekarang ini tak hanya sebatas digunakan sebagai hiburan saja, tetapi juga dijadikan kompetisi resmi yang disebut dengan e-sport.
Bahkan pengembangan game juga didorong untuk bisa masuk ke dalam dunia pendidikan agar pembelajaran terasa lebih menyenangkan.
Kriya dalam hal ini maksudnya adalah kerajinan yang menjadi ciri khas negara yang biasanya berbentuk kerajinan tangan atau dibuat secara manual dengan menggunakan tangan.
Kriya menjadi salah satu subsektor perekonomian kreatif karena di dalamnya juga membutuhkan ide-ide dalam pembuatannya.
Industri musik juga menjadi salah satu sektor ekonomi kreatif yang sebenarnya sudah ada sejak lama. Namun, bisa dibilang industri musik ini baru diperhatikan sebagai subsektor ekonomi kreatif belum lama ini.
Dari musik, banyak membuka lapangan kerja lain seperti perekaman, konser, peralatan musik, dan lain sebagainya.
Desain interior juga mulai diperhitungkan menjadi sebuah industri kreatif. Mulai banyak orang yang menggunakan jasa desainer interior untuk menata rumah, kantor, sampai kafe.
Hal itu dapat terjadi karena masyarakat sudah mulai mudah untuk mengakses referensi terkait dengan desain-desain interior.
Seni rupa tentunya masuk ke dalam industri kreatif karena di dalamnya juga mengandung ide-ide kreatif. Seni rupa contohnya seperti lukisan, patung, dan lain sebagainya.
Desain produk adalah suatu proses kreasi di dalam suatu produk agar memiliki nilai lebih di mata konsumen. Desain itu bisa dari bentuk produknya itu sendiri atau kemasannya.
Saat ini desain produk juga terus berkembang karena mulai tumbuhnya kreativitas-kreativitas.
Fesyen sebenarnya sudah ada sejak lama, tetapi makin ke sini tren fesyen terus berkembang , pelakunya pun juga semakin banyak, serta persaingannya secara global pun kian ketat.
Kuliner saat ini juga termasuk ke dalam industri kreatif karena saat ini makin banyak industri kuliner yang berkembang mengikuti zaman. Bisa dibilang siapapun saat ini sudah bisa berbisnis kuliner, bahkan tanpa memiliki restoran fisik sekalipun.
Fotografi kian berkembang karena minat anak muda terhadap bidang ini juga makin besar. Sekarang ini banyak sekali industri yang membutuhkan fotografi untuk berbagai macam tujuan. Hal itu membuat industri fotografi kian menjanjikan.
Desain komunikasi visual ini sebenarnya juga bisa masuk ke dalam sektor periklanan dan industri lainnya. Namun, saat ini desain komunikasi visual dapat berdiri sendiri dengan cara membentuk rumah produksi.
Film, animasi, dan video, ketiganya sama-sama suatu karya dalam bentuk audio visual. Dunia perfilman juga terus berkembang dan kian menjanjikan karena sarana dan prasarananya yang juga semaki mendukung.
Televisi dan radio adalah salah satu media massa yang masuk ke dalam industri kreatif. Sebab di dalamnya terdapat proses-proses kreatif yang dilakukan untuk menghasilkan suatu karya yang dapat disaksikan atau didengar oleh audiens..
Arsitektur berbeda dengan desain interior. Jadi arsitektur lebih bergerak ke arah bangunannya, bukan isinya. Namun memang perkembangan arsitektur sama pesatnya dengan desain interior.
Seni pertunjukan membuka berbagai macam lapangan kerja, seperti penari, aktor, produksi panggung, dan lain sebagainya.
Aplikasi pada dasarnya merupakan perangkat lunak yang terdapat di telepon genggam. Seiring dengan makin canggihnya telepon genggam. Para pengembang aplikasi pun mencoba untuk memanfaatkan hal tersebut. Hasilnya, aplikasi pun kini menjadi salah satu sektor yang sangat menjanjikan untuk perekonomian.
Penerbitan adalah sektor yang bergerak dengan cara menerbitkan buku atau karya cetak lainnya.
Demikian penjelasan mengenai ekonomi kreatif dan perkembangannya. Untuk bisa mengembangkan ekonomi berbasis kreatifitas, kuliah di program studi Kewirausahaan di Sampoerna University merupakan pilihan yang tepat. Pasalnya, di program studi itu mahasiswa akan memperoleh banyak wawasan dan pandangan mengenai dunia bisnis.
Hal ini karena adanya program rutin yang bernama CEO Talks dan Founders in Action. Selain itu, di program studi konsentrasi kewirausahaan menggabungkan kursus dan penerapan prinsip-prinsip kewirausahaan dunia nyata melalui inkubator bisnis di Sampoerna University, studi kasus bisnis dan melalui kemitraan dengan Mekar, sebuah perusahaan modal ventura.
Referensi
Kemenparekraf.go.id