01 Jan 2024

Influencer Marketing; Pentingkah Dalam Dunia Bisnis

Artikel,

Artikel,

Edukasi,

Indonesia adalah salah satu negara dengan pengguna media sosial terbanyak di dunia. Menurut data Hootsuite dan We Are Social, jumlah pengguna media sosial di Indonesia pada tahun 2023 mencapai 202,6 juta orang. Jumlah ini meningkat sebesar 18,5% dari tahun sebelumnya.

Peningkatan jumlah pengguna media sosial di Indonesia menjadi peluang bagi bisnis untuk memasarkan produk atau jasa mereka. Salah satu strategi pemasaran yang dinilai ampuh di media sosial adalah influencer marketing.

Pengertian Influencer

Influencer adalah strategi pemasaran dimana bisnis bekerja sama dengan influencer untuk mempromosikan produk atau layanan mereka. Influencer memiliki peranan yang sangat penting dalam dunia sosial media, baik dari segi jumlah followers hingga maupun tingkat engagement.

Influencer memiliki pengaruh yang kuat terhadap pengikut mereka karena mereka dianggap sebagai sosok yang kredibel dan dapat dipercaya. Oleh karena itu, rekomendasi dari influencer dapat menjadi faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. 

Contoh Influencer

Influencer dapat berasal dari berbagai latar belakang, seperti artis, selebgram, youtuber, blogger, dan sebagainya. Influencer dipilih berdasarkan popularitas, keahlian, atau reputasinya.

Berikut adalah beberapa contoh influencer di Indonesia:

  1. Raisa Andriana
  2. Prilly Latuconsina
  3. Atta Halilintar

Mengapa Influencer Penting dalam Pemasaran?

Perkembangan teknologi internet ini telah membuat platform media sosial seperti Instagram, Youtube, Facebook menjadi populer karena audiens memiliki kebebasan untuk memilih konten yang mereka inginkan.

Hal inilah yang membuat brand terkendala untuk melakukan pemasaran karena audiens menyebar di berbagai bentuk media sehingga mereka kesulitan menjangkau mereka. Di tambah lagi dengan semakin skeptisnya konsumen terhadap brand dan taktik pemasaran dalam membangun kepercayaan mereka.

Disinilah pentingnya seorang influencer sebagai solusi pemasaran untuk mempromosikan produk mereka. Dengan pemasaran yang dilakukan influencer, memungkinkan pemasar untuk mencari dan beriklan secara langsung kepada target audiens mereka.

Manfaat Menggunakan Influencer Marketing

Influencer marketing memiliki beberapa manfaat bagi bisnis, antara lain:

1. Menjangkau audiens yang lebih luas

Media sosial telah menjadi platform yang sangat efektif untuk menjangkau audiens yang lebih luas. Dengan bekerja sama dengan influencer, bisnis dapat menjangkau audiens yang lebih luas, bahkan di luar target pasar mereka. Hal ini karena influencer memiliki pengikut yang beragam dari berbagai latar belakang. 

2. Meningkatkan kesadaran merek

Salah satu tujuan utama influencer marketing adalah untuk meningkatkan kesadaran merek. Dengan konten yang dibuat oleh influencer, bisnis dapat memperkenalkan produk atau layanan mereka kepada audiens baru. Hal ini dapat membantu meningkatkan kesadaran merek dan mendorong konsumen untuk mencoba produk atau layanan tersebut.

3. Membangun kepercayaan

Konsumen modern lebih cenderung mempercayai rekomendasi dari orang yang mereka kenal atau percayai. Influencer dapat membantu membangun kepercayaan konsumen terhadap produk atau layanan bisnis. Hal ini karena influencer memiliki hubungan yang kuat dengan pengikut mereka.

4. Meningkatkan penjualan

Tujuan akhir dari setiap strategi pemasaran adalah untuk meningkatkan penjualan. Influencer marketing dapat membantu meningkatkan penjualan dengan mendorong konsumen untuk melakukan pembelian. Hal ini dapat dilakukan melalui konten yang dibuat oleh influencer, seperti ulasan produk, giveaway, atau promosi khusus.

Sampoerna University

Sampoerna University adalah sebuah universitas terakreditasi penuh di Indonesia yang menawarkan pilihan terbaik bagi mereka yang mencari pendidikan internasional unggul. Sampoerna University adalah universitas swasta, non-denominasi, nirlaba yang berlisensi dan terakreditasi oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.

Dalam beberapa tahun sejak didirikan, Sampoerna University telah menjadi pilihan pendidikan tinggi yang menarik bagi calon mahasiswa di Indonesia. Dengan pendekatan pembelajaran yang inovatif, koneksi industri yang kuat, dan fokus pada pengembangan karir, kami memiliki tujuan untuk menghasilkan lulusan yang siap menghadapi tantangan dunia kerja.

Segera daftar untuk ikut proses penerimaan mahasiswa baru tahun ajaran 2023-2024 disini. Admission Team kami akan segera menghubungi untuk memberi informasi lebih detail.

Jadwalkan dengan kami kapanpun kamu ingin visit tour kampus on-site atau virtual!

Recent More

Mengenal SAP Consultant Dan Cara Menjadi SAP Consultant

Jun, 20 2024

Apa Itu SAP Consultant?  Konsultan SAP adalah seorang profesional yang ahli dalam sistem perangkat...

Apa Itu Game Development? Scope Kerja Dan Jenjang Karirnya

Jun, 20 2024

Dunia game telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan modern. Bagi banyak orang, game...

Jun, 15 2024

Di era yang penuh dengan persaingan dan dinamika, bisnis model menjadi pedoman penting bagi...

Admission
Admission
Schedule a Visit
Schedule a Visit
Contact Whatsapp
Contact Whatsapp