Artikel,
Artikel,
Salah satu hobi masyarakat Indonesia adalah belanja online atau marketplace yang menjadi istilah yang sudah tidak asing lagi bagi kita.
Marketplace adalah platform online yang menyediakan tempat bagi penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi jual beli. Pada platform ini, penjual dapat menawarkan produk atau jasanya kepada pembeli, sedangkan pembeli dapat mencari dan membeli produk atau jasa yang mereka butuhkan.
Bagi pembeli, marketplace menawarkan kemudahan dalam membandingkan produk dan harga, serta kenyamanan dalam berbelanja tanpa batasan waktu dan tempat.
Marketplace adalah sebuah platform online dimana berbagai jenis penjual dengan produk yang berbeda-beda untuk melakukan transaksi jual beli. Ini mirip dengan pasar fisik, tetapi semua transaksi terjadi secara online melalui platform yang disediakan oleh marketplace tersebut.
Dalam marketplace, penjual dapat menawarkan produk mereka kepada pembeli potensial, sementara pembeli dapat membandingkan barang dari berbagai penjual untuk memilih yang terbaik sesuai kebutuhan mereka.
Saat ini, salah satu jenis marketplace yang paling banyak digunakan oleh masyarakat adalah online marketplace, yang dimana sebuah platform pihak ketiga yang menyediakan wadah atau tempat untuk melakukan transaksi jual beli secara online.
Terdapat beberapa jenis marketplace berdasarkan siapa yang menjadi target pembelinya, yaitu:
Pertama, ada marketplace Business to Business (B2B). Marketplace ini menghubungkan organisasi bisnis yang ingin membeli barang atau layanan dari organisasi bisnis lainnya, seperti pabrik atau toko besar. Mereka menggunakan platform ini untuk melakukan transaksi secara online, baik itu untuk membeli barang, melakukan pengadaan, dan kebutuhan bisnis lainnya.
Kemudian, ada jenis marketplace Business to Customer (B2C). Jenis marketplace ini yang paling umum kita jumpai. Marketplace ini menghubungkan langsung penjual dengan konsumen individu. Agar bisa menarik pembeli, platform B2C biasanya memiliki keunikan masing-masing untuk menarik minat konsumen.
Selanjutnya, ada Peer to Peer (P2P) marketplace. Di sini, pelanggan dapat bertukar barang atau layanan di satu platform. Dengan P2P, orang bisa menjadi pembeli atau penjual sesuai kebutuhan. Contohnya adalah platform seperti Uber atau Etsy.
Marketplace menawarkan akses pasar yang lebih luas kepada penjual. Hal ini karena marketplace memiliki basis pengguna yang besar dan tersebar di seluruh Indonesia. Dengan bergabung di marketplace, penjual dapat menjangkau pelanggan dari berbagai daerah bahkan negara.
Selain itu, marketplace juga menawarkan berbagai fitur dan layanan yang dapat membantu penjual untuk meningkatkan visibilitas produknya, seperti fitur pencarian, fitur rekomendasi, dan fitur iklan. Fitur-fitur ini dapat membantu penjual untuk produknya terlihat oleh lebih banyak calon pembeli.
Marketplace dapat membantu penjual untuk meningkatkan brand awareness. Hal ini karena marketplace memiliki basis pengguna yang besar dan aktif. Dengan bergabung di marketplace, penjual dapat menjangkau lebih banyak orang dan memperkenalkan produk serta mereknya.
Marketplace menawarkan berbagai fitur dan layanan yang dapat membantu penjual untuk meningkatkan kepercayaan konsumen, seperti fitur keamanan pembayaran, fitur rating dan ulasan, serta fitur pengembalian barang.
Hal tersebut menjadikan marketplace menjadi tempat yang aman untuk melakukan transaksi antara penjual dan pembeli dapat berjalan dengan aman.
Sumber: HiToko
Tokopedia adalah marketplace tertua di Indonesia, yang didirikan pada tahun 2009. Tokopedia telah berhasil berkembang hingga menjadi salah satu startup unicorn di Indonesia, dengan nilai valuasi mencapai lebih dari $1 miliar.
Menurut Timedoor, tiga jenis barang yang paling banyak dicari di Tokopedia adalah barang elektronik, fashion, dan kebutuhan bahan makanan. Hal ini karena Tokopedia menawarkan berbagai jenis produk dengan harga yang kompetitif.
Shopee adalah marketplace yang relatif baru, yang didirikan pada tahun 2015. Namun, Shopee telah berhasil menjadi salah satu marketplace dengan pengguna terbanyak di Indonesia, dengan lebih dari 100 juta pengguna aktif bulanan.
Sekitar 58% pengguna Shopee adalah perempuan. Hal ini karena Shopee menawarkan berbagai produk fashion dan kecantikan dengan harga yang terjangkau.
Digital Marketing adalah salah satu bidang paling menarik dan menjanjikan dalam dunia bisnis saat ini. Dengan semakin banyak orang yang menggunakan internet untuk mencari informasi tentang produk dan jasa, bisnis perlu memiliki strategi pemasaran digital yang efektif untuk menjangkau target pasar mereka.
Sampoerna University menawarkan program studi Digital Marketing yang dirancang untuk mempersiapkan mahasiswa untuk sukses di bidang ini. Program ini memberikan pemahaman mendalam tentang prinsip-prinsip pemasaran digital, serta keterampilan praktis yang dibutuhkan untuk menerapkannya.
Fokus Sampoerna University adalah membuka kekuatan baru dalam dunia Digital Marketing untuk menguasai dasar-dasar pemasaran, analisis, pengambilan keputusan, dan komunikasi sambil mendapatkan keunggulan yang berbeda.
Dalam beberapa tahun sejak didirikan, Sampoerna University telah menjadi pilihan pendidikan tinggi yang menarik bagi calon mahasiswa di Indonesia. Dengan pendekatan pembelajaran yang inovatif, koneksi industri yang kuat, dan fokus pada pengembangan karir, kami memiliki tujuan untuk menghasilkan lulusan yang siap menghadapi tantangan dunia kerja.
Segera daftar untuk ikut proses penerimaan mahasiswa baru tahun ajaran 2023-2024 disini. Admission Team kami akan segera menghubungi untuk memberi informasi lebih detail.
Jadwalkan dengan kami kapanpun kamu ingin visit tour kampus on-site atau virtual!