Artikel,
Indomie adalah merek mie instan paling populer di Indonesia. Hampir semua masyarakat Indonesia telah mendengar tagline “Indomie Seleraku”. Produk ini telah menjadi bagian dari budaya Indonesia dan bahkan telah diakui oleh UNESCO sebagai salah satu warisan budaya tak benda Indonesia.
Indomie telah berhasil menguasai pasar mie instan di Indonesia selama puluhan tahun. Hal ini tidak lepas dari strategi pemasaran yang tepat yang diterapkan oleh PT Indofood Sukses Makmur Tbk, selaku produsen Indomie.
Namun, strategi apa saja yang telah dilakukan PT Indofood sehingga produk Indomie telah sukses di pasar Indonesia hingga berkembang secara global? Simak artikel berikut ini!
Berikut adalah 5 strategi Indomie yang sukses menguasai pasar mie instan di Indonesia:
Dalam memasarkan produknya, Indomie memiliki strategi yang unik dan berbeda dari mie instan lainnya. Salah satu strategi tersebut adalah inovasi produk dari segi rasa. Indomie memiliki beberapa varian rasa standar yang sudah menjadi favorit bagi banyak orang, seperti Indomie Goreng, Indomie Kuah Ayam Bawang, Kari Ayam, dan Soto.
Meski memiliki varian rasa yang sudah populer, Indomie tetap melakukan inovasi dengan terus menyajikan varian rasa baru. Varian rasa baru ini bahkan menyasar pada cita rasa khas makanan dari berbagai daerah di Indonesia. Misalnya, Indomie Goreng Rendang, Coto Makassar, Cakalang, Soto Banjar, Empal Gentong, Mie Kocok Bandung, dan masih banyak lagi.
Dari varian rasa yang standar, cita rasa nusantara, hingga rasa premium, Indomie tetap menyediakan produknya dengan harga yang terjangkau, sehingga dapat dinikmati oleh semua lapisan masyarakat. Dengan berbagai inovasi dan harga yang terjangkau, Indomie berhasil mempertahankan posisinya sebagai mie instan yang populer dan banyak diminati masyarakat Indonesia.
Tagline dan jingle yang menarik juga menjadi salah satu faktor keberhasilan Indomie. Tagline “Indomie Seleraku” yang ikonik telah melekat di benak masyarakat Indonesia. Jingle Indomie yang dinyanyikan oleh Vina Panduwinata juga menjadi salah satu jingle paling populer di Indonesia.
Tagline dan jingle yang menarik telah membantu Indomie untuk meningkatkan brand awareness dan memperkuat citra produk di mata konsumen. Tagline dan jingle tersebut mudah diingat dan dinyanyikan, sehingga membuat produk Indomie lebih mudah dikenal dan diingat oleh masyarakat.
Strategi indomie berikutnya adalah dengan melakukan strategi kolaborasi dengan brand lain untuk menarik perhatian publik. Salah satu contohnya adalah kolaborasi Indomie dengan Chitato. Kolaborasi ini menghasilkan produk Chitato rasa Indomie yang ternyata banyak diminati oleh masyarakat.
Selain itu, Indomie juga sering berkolaborasi dengan brand lain di momen-momen tertentu, seperti saat merayakan ulang tahun Indomie. Pada kesempatan tersebut, Indomie berkolaborasi dengan banyak brand lokal dan internasional.
Uniknya, kolaborasi Indomie tidak hanya dengan brand makanan, tetapi juga dengan brand fashion. Misalnya, Indomie berkolaborasi dengan Thanksinsomnia dan Kamengski untuk membuat beragam pakaian wanita, pria, dan anak-anak, bahkan selimut.
Warmindo adalah singkatan dari “Warung Indomie”. Warmindo adalah salah satu strategi Indomie untuk menjangkau pasar yang lebih luas, terutama di pasar domestik.
Warmindo adalah bentuk kerjasama Indomie dengan pengusaha kecil. Kini, keberadaan warmindo telah menjangkau banyak daerah di Indonesia. Kerjasama ini menguntungkan kedua belah pihak. Indomie mendapatkan mitra bisnis yang dapat membantu menjangkau pasar yang lebih luas, sedangkan pengusaha kecil mendapatkan keuntungan dari penjualan produk Indomie.
Warmindo menjadi sasaran anak kos atau mereka yang ingin nongkrong dan makan makanan yang lebih murah. Hal ini karena harga Indomie yang terjangkau dan kreativitas penjual yang membuat berbagai sajian makanan dari Indomie.
Strategi terakhir dari Indomie adalah dengan melakukan strategi promosi yang gencar untuk menguasai pasar domestik. Promosi ini dilakukan di berbagai media, mulai dari media cetak, elektronik, hingga media sosial. Indomie menyadari bahwa promosi dapat meningkatkan brand awareness terhadap produk-produknya.
Promosi yang dilakukan Indomie tidak hanya sekadar mempromosikan produk, tetapi juga membuat promosi yang lebih menarik dan interaktif. Misalnya, Indomie membuat tantangan (challenge) di media sosial, seperti challenge membuat kreasi makanan dari Indomie dan mengunggahnya di media sosial masing-masing individu.
Sampoerna University adalah sebuah universitas terakreditasi penuh di Indonesia yang menawarkan pilihan terbaik bagi mereka yang mencari pendidikan internasional unggul. Sampoerna University adalah universitas swasta, non-denominasi, nirlaba yang berlisensi dan terakreditasi oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.
Dalam beberapa tahun sejak didirikan, Sampoerna University telah menjadi pilihan pendidikan tinggi yang menarik bagi calon mahasiswa di Indonesia. Dengan pendekatan pembelajaran yang inovatif, koneksi industri yang kuat, dan fokus pada pengembangan karir, kami memiliki tujuan untuk menghasilkan lulusan yang siap menghadapi tantangan dunia kerja.
Segera daftar untuk ikut proses penerimaan mahasiswa baru tahun ajaran 2023-2024 disini. Admission Team kami akan segera menghubungi untuk memberi informasi lebih detail.
Jadwalkan dengan kami kapanpun kamu ingin visit tour kampus on-site atau virtual!