someone carrying some books

Bagian Pembiayaan – Layanan Keuangan Mahasiswa

Biaya kuliah ditentukan berdasarkan status pendaftaran mahasiswa (aktif, tidak aktif, cuti, dll.)

Gambaran Tentang Pembiayaan

Universitas Sampoerna menyediakan dokumentasi semua biaya dan tarif kuliah yang dibutuhkan oleh mahasiswa mulai dari saat mereka mendaftar hingga saat pendaftaran. Tarif kuliah dan biaya ditetapkan setiap tahun.

Diskon dan pembebasan biaya kuliah yang ditawarkan pada saat penerimaan diakui secara tertulis oleh Bursary pada faktur mahasiswa setiap semester. Tarif kuliah dan biaya ditentukan berdasarkan status pendaftaran mahasiswa (aktif, tidak aktif, cuti, dll.) dan disesuaikan secara tepat.

Kantor Bursary buka selama jam kerja (8:00 pagi hingga 4:30 sore), Senin – Jumat.

students learning together with their laptop

Tanggung Jawab

  • Terletak bersebelahan dengan bagian Pendaftaran Akademis (di lantai 6 Gedung Kampus L’Avenue), Bagian Pembiayaan (Bursary Office) bertanggung jawab untuk mengelola piutang mahasiswa dan deposit dana Universitas. Hal ini termasuk:
  • Penagihan uang sekolah dan biaya;
  • Menerima dan memproses pembayaran dan SKS;
  • Memproses biaya lain-lain dan penyesuaian akun manual;
  • Pembuatan laporan tagihan per semester;
  • Mencatat transaksi antar dana;
  • Mengajukan dana beasiswa ke rekening penerima; dan
  • Memproses pengembalian uang mahasiswa dan pihak ketiga.
 

Peranan dari bagian Pembiayaan (Bursary Office) adalah untuk memberikan layanan keuangan kepada mahasiswa dan keluarga mereka sambil memantau dan mengelola kepatuhan dan pengumpulan akun mahasiswa.

Pembayaran dan kredit akun mahasiswa meliputi:

 

  • Pembayaran tunai atau cek,
  • Kartu kredit online dan pembayaran transfer bank elektronik,
  • Kredit penagihan pihak ketiga,
  • Remisi biaya kuliah dan kredit program pertukaran biaya kuliah,
  • Berbagai diskon dan keringanan, dan
  • Uang muka program.
 

Sebagai bagian dari tagihan biaya kuliah dan biaya, Bagian Pembiayaan (Bursary Office) bertanggung jawab untuk mengelola sistem biaya pendidikan, tagihan biaya kuliah dan penyesuaian biaya kuliah untuk penarikan, banding, diskon, dan keringanan.

 

Biaya dan aktivitas akun pembayaran dilaporkan kepada mahasiswa dalam laporan tagihan elektronik setiap semester. Biaya pendidikan dan biaya administrasi jatuh tempo sebelum awal setiap semester, dengan tenggat waktu tercetak pada setiap faktur.

 

Pembayaran yang terlambat dapat mengakibatkan “penangguhan” pada pendaftaran kursus dan rilis transkrip. Oleh karena itu, mahasiswa disarankan untuk mematuhi tenggat waktu pembayaran atau bertemu dengan staf Bagian Pembiayaan untuk membuat pengaturan khusus.

Kebijakan Pengembalian

Setiap permintaan pengembalian dana harus dilampirkan dengan bukti:

 

  • Bahwa tagihan salah diposting;
  • Bahwa mahasiswa telah memberi tahu Universitas secara tertulis pada waktu yang tepat tentang perubahan status yang disetujui; atau
  • Keadaan luar biasa yang mencegah mahasiswa mendaftar setelah batas waktu pendaftaran atau awal kelas.
 

Setiap mahasiswa dan keluarga bertanggung jawab untuk memeriksa keakuratan dokumen penagihan pada saat dikeluarkan.

Jika hanya ada alasan untuk petisi pengembalian dana, mahasiswa dapat mengajukan permintaan secara tertulis ke Kantor Bagian Pembiayaan (Bursary Office). Jika petisi memerlukan keputusan lebih lanjut, masalah tersebut akan mengikuti prosedur untuk Keluhan Mahasiswa untuk ditinjau oleh pejabat Universitas yang bersangkutan.