Artikel,
Artikel - FOB,
Edukasi,
Dalam proses pemasaran salah satu strategi yang biasa digunakan untuk interaksi secara langsung dengan konsumen adalah dengan direct marketing. Direct marketing adalah sebuah strategi dalam sistem pemasaran yang mengandalkan distribusi dan komunikasi langsung dari penjual atau pihak pemasaran kepada konsumen atau pembeli.
Sebuah usaha yang dilakukan ketika menjalankan bisnis dan menciptakan kontak secara langsung dengan konsumen. Sebagai upaya dalam memperkenalkan produk dari bisnis yang dijalankan dan dijual kepada konsumen. Istilah direct marketing kemungkinan besar membuat pebisnis mampu menjangkau target pasar lebih spesifik.
Secara umum pengertian dari pemasaran langsung atau apa itu direct marketing adalah sebuah salah satu teknik dari proses pemasaran. Yang caranya dilakukan secara langsung oleh penjual kepada pembeli, pembeli dalam hal ini mereka yang sudah menjadi pelanggan, orang baru atau target yang menjadi prioritas produk dari produsen atau pebisnis.
Direct marketing digunakan karena banyak anggapan yang menilai bahwa strategi pemasaran yang satu ini lebih efektif diterapkan dalam mendapat pelanggan ketimbang periklanan konvensional. Digunakannya teknik ini secara langsung membuat penjual dapat menyampaikan apa yang dirasa dibutuhkan kepada para pelanggan.
Apa yang dimaksud dengan direct marketing pemasaran langsung merupakan hubungan yang terjadi secara langsung antara penjual dan pembeli. Prosesnya bisa menggunakan media, bisa iklan dan lainnya dengan tujuan dari direct marketing adalah agar lebih mudah mendapat respons dari pembeli. Media yang bisa digunakan seperti telemarketing, TV interaktif, situs web dan telepon.
Penjelasan dari Kotler dan Amstrong terkait direct marketing atau pemasaran langsung sebagai kualifikasi mereka selaku konsultan dan profesor pemasaran di Amerika Serikat. Disebutkan bahwa contoh direct marketing atau bentuk yang menunjukkan strategi pemasaran langsung dalam prakteknya, berikut di antaranya.
Penjualan tatap muka atau face to face selling merupakan bentuk pertama dari direct marketing, artinya adanya komunikasi secara langsung antara penjual dan pembeli dalam rangka memperkenalkan produk yang akan dijual atau ditawarkan kepada pembeli. Tujuan dilakukannya bentuk ini tentu agar calon pembeli dan konsumen tertarik membeli barang tersebut.
Fakta di lapangan menunjukkan bahwa banyak perusahaan besar yang menerapkan bentuk penjualan ini dalam mencari konsumen atau pembeli. Seperti perusahaan asuransi, perusahaan yang menyediakan kebutuhan pokok masyarakat hingga perusahaan yang membutuhkan pemasukan dari target setiap bulannya.
Pemasaran langsung yang memanfaatkan media sebagai alat dalam menjalin komunikasi dengan calon pembeli atau konsumen. Aktivitas penawaran, pengumuman hingga pemberitahuan dilakukan melalui penggunaan daftar pengeposan terpilih. Produsen sebagai pihak pemasar nantinya akan mengirim surat dalam setiap tahunnya, bisa berupa iklan, sampel dan email.
Menjadi bentuk ketiga dari strategi pemasaran langsung, penjualan dengan melibatkan katalog harus melalui proses yang cukup panjang. Mulai dari diposkan lebih dahulu ke dalam daftar pelanggan yang sudah dipilih atau didapatkan lebih dulu. Selain itu penjualan langsung melalui katalog juga sudah disediakan oleh toko-toko distribusi.
Pemasaran langsung dalam bentuk telemarketing membuat penjual harus menggunakan alat berupa telepon untuk bisa menjual produk secara langsung kepada konsumen. Desain yang sengaja dibuat dengan baik hingga membuat cara ini memiliki banyak sasaran dalam memudahkan proses pembelian dan pengadaan informasi produk serta jasa yang ditawarkan.
Bentuk pemasaran langsung kelima ini memiliki dua jenis yakni pengiklanan tanggapan langsung dan belanja dari rumah. Iklan tanggapan langsung merupakan cara yang dipakai pihak pemasar yang secara langsung menayangkan iklan melalui televisi. Biasanya durasi pengiklanan ini bisa mencapai 60-120 detik berisi dialog penjelasan produk yang dijual.
Jenis yang kedua adalah belanja dari rumah, biasanya menggunakan sebuah televisi dengan program yang secara berulang mempromosikan produk yang dijual. Selain itu juga berbagai macam informasi lain, termasuk potongan harga dan bonus yang bakal didapat oleh pembeli atau konsumen, saluran televisi ini khusus untuk mempromosikan barang dagangan dan jasa.
Usaha sebuah perusahaan dalam memasarkan produk-produk yang caranya dengan menempatkan mesin informasi di toko. Selain toko, beberapa tempat yang bisa menjadi tempat mesin informasi terkait produk yang dijual seperti bandara, terminal, stasiun hingga tempat-tempat umum lainnya dengan kapasitas orang banyak.
Email atau surat langsung menjadi media yang paling sering digunakan sebagai alat bagi perusahaan dalam memasarkan secara langsung produk atau jasa yang dijual kepada para pelanggan. Menariknya media yang satu ini sudah terbukti ampuh digunakan dalam menjual berbagai jenis produk dan jasa bagi para pelanggan atau konsumen.
Menjadi media kedua yang paling populer digunakan dalam pemasaran barang berupa barang dan jasa. Berbasis telepon yang juga dikenal sebagai pelayanan jarak jauh dari perusahaan kepada para pelanggan. Dalam kondisi ini biasanya melibatkan penanganan, termasuk untuk pesanan hingga respons berupa permintaan produk dari konsumen.
Menariknya dari telemarketing ini bisa dipakai untuk menjangkau konsumen hingga ke luar negeri, khususnya pada penjualan satu langkah. Telemarketing juga dipakai dalam menindaklanjuti aktivitas penjualan, hingga memperluas target penjualan. Tujuan dari aktivitas ini adalah agar pelanggan tetap setia dan aktif dalam proses jual-beli.
Majalah berisi mengenai iklan yang isinya bisa untuk mengajak pembaca untuk akhirnya memesan produk dari iklan tersebut. Bentuk majalah bisa beragam, seperti pengiriman kupon hingga nomor telepon bebas pulsa yang sangat berguna dalam menghubungi penjual. Hal ini memudahkan calon pembeli mendapatkan produk yang diinginkan.
Seperti koran, media ini menjadi salah satu bentuk yang paling favorit bagi sebuah perusahaan dalam memasarkan produk. Meskipun banyak produsen lebih memilih majalah ketimbang surat kabar, walaupun surat kabar memberi lebih banyak keuntungan. Karena target pembaca yang kebanyakan lebih memilih membaca surat kabar.
Radio memang sudah tergerus dan tergantikan dengan televisi hingga kemunculan banyak media, namun radio tetap mampu memberi keuntungan dalam pemasaran sebuah produk. Banyak radio yang kreatif memasarkan produk jual, melalui kata-kata menarik dan menimbulkan minat dari pendengar radio.
Televisi masih merupakan bagi banyak perusahaan dalam memasarkan produk jual, karena memang banyak masyarakat menjadikan televisi sebagai media penghibut. Meski begitu, persaingan ketat membuat banyak perusahaan harus mencari cara kreatif dalam pemasaran melalui televisi agar menarik minat konsumen.
Seiring perkembangan teknologi, internet kebutuhan yang wajib didapatkan oleh masyarakat seluruh lapisan. Karenanya tak heran banyak perusahaan yang memanfaatkan internet sebagai media pemasaran, perusahaan bisa membuat website mandiri yang secara khusus berisi produk penjualan hingga riwayat perusahaan atau bekerja sama dengan pihak ketiga.
Kelebihan pemasaran secara langsung yang pertama adalah targeting, upaya yang dilakukan saat memilih hingga menjangkau pasar. Harapannya produk yang dijual bisa menjangkau pasar tersebut. Kemudian cost effective terhadap biaya yang dikeluarkan dalam melakukan pemasaran nantinya akan jauh lebih bisa ditekan.
Fleksibel dalam pemasaran produk mengingat prosesnya memanfaatkan banyak media, selain itu pemasaran secara langsung juga membuat perusahaan lebih mudah menghitung respons dari masyarakat. Hingga memunculkan feedback dari konsumen terkait produk dan jasa yang sudah dipakai, sementara itu berikut ini beberapa kekurangan dari pemasaran langsung.
Manfaat pemasaran yang pertama datang untuk penjual, yakni memberi fleksibilitas yang lebih tinggi ketika akan menjangkau para konsumen. Direct marketing juga bisa dimanfaatkan oleh pakar dalam pemasaran yang bekerja untuk suatu perusahaan dalam membuat strategi khusus. Sementara manfaat untuk konsumen cenderung beruntung karena tak harus susah payah mencari produk.
Demikian penjelasan dari direct marketing atau pemasaran langsung, mulai dari pengertian, bentuk, media hingga manfaat dan kekurangan yang ada. Sampoerna University memberi cakupan informasi yang lebih luas mengenai salah satu teknik pemasaran dalam bisnis. Melalui Fakultas Bisnis dalam upaya melahirkan pakar dunia bisnis di level nasional dan internasional.
Fakultas Bisnis di Sampoerna University mendorong para mahasiswa memahami setiap detail ilmu pengetahuan bisnis. Ilmu pengetahuan dibarengi dengan praktek langsung di lapangan, sesuai dengan penerapan kurikulum internasional di Sampoerna University. Demi melahirkan lulusan yang ahli di bidang bisnis dan membawa perubahan yang nyata.
Sumber
Glints.com – Direct marketing adalah